Minggu, 29 Agustus 2021

Kesehatan

Memilih Mainan Edukasi Anak yang Aman Sesuai Usianya

Si Kecil sudah mulai aktif? Itu tandanya Anda sudah bisa memberikan mainan edukasi anak sebagai media bermain sekaligus belajarnya. Banyak manfaat dari mainan edukasi anak yang bisa didapatkan, antara lain berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak, mengembangkan kreativitas, imajinasi, kekuatan fisik, kemampuan kognitif, dan emosional anak.


Sebenarnya mainan edukasi anak sudah bisa Anda berikan sejak masih bayi hingga usia empat tahun lebih atau disebut juga usia prasekolah.


Dalam jurnal internasional berjudul The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds menyebutkan bahwa mainan menjadi media yang dibutuhkan anak-anak sejak usia dini agar ia dapat terlibat dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.


Mainan edukasi anak membuat dirinya bisa menciptakan dan menjelajahi dunia menurut imajinasinya sendiri serta dapat mengatasi rasa takut dengan cara mempraktikkan peran sebagai orang dewasa. Dalam jurnal itu pun disebutkan, si Kecil bisa mengembangkan rasa kepercayaan diri dan ketahanan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan lho.


Oleh karenanya, memilih mainan edukasi anak itu penting sekali. Dalam memilih jenisnya pun tidak boleh sembarangan. Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui apakah mainan edukasi anak tersebut sudah cocok dengan kemampuan fisik dan mental si Kecil? Lalu, bagaimana kualitasnya? Apakah aman untuk dimainkan si Kecil? Dan, apakah mainan tersebut sudah sesuai dengan usia dan kesukaannya?


Memilih Mainan Edukasi Anak yang Aman Sesuai Usianya

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak yang Aman

Sebelum Anda membeli mainan edukasi anak, perhatikan hal-hal di bawah ini agar tidak keliru dan si Kecil pun bisa mendapatkan manfaat untuk tumbuh kembangnya. Nah, supaya Anda tidak bingung, berikut tips memilih mainan edukasi anak yang aman, antara lain :


Pilih mainan edukasi anak sesuai usia

Kebanyakan Anda membeli mainan yang bisa dipakai jangka panjang, sehingga lebih memilih mainan untuk usia balita padahal si Kecil masih bayi. Eits, hati-hati! Hal ini bisa menimbulkan risiko berbahaya bagi si Kecil. Sebagai rekomendasi anda bisa memberikan boneka bt21.


Pasalnya, dalam memilih mainan edukasi anak, Anda harus menyesuaikan dengan usia si Kecil agar sesuai dengan tumbuh kembang serta keamanannya. Coba bayangkan jika Anda memberikan mainan edukasi anak usia 3 tahun kepada si Kecil yang masih 12 bulan, bisa dipastikan si Kecil akan kesulitan dalam bermain karena kemampuannya belum mumpuni.


Jenis mainan edukasi anak bisa dibedakan sesuai rentang usia si Kecil, seperti usia 0-12 bulan, usia 1-2 tahun, usia 2-4 tahun, dan usia 4 tahun ke atas atau usia prasekolah.


Perhatikan kualitas dan keamanan mainan

Nah, Anda juga harus memperhatikan kualitas mainan sebelum membelinya, ya! Jangan sampai Anda mengeluarkan uang yang cukup besar hanya karena melihat mainan edukasi anak yang lucu dan menggemaskan, tanpa cek terlebih dahulu kualitasnya. Jika kualitas mainan buruk, bisa membahayakan si Kecil.


Anda harus memastikan tidak ada pewarna mainan yang mengelupas atau luntur, tidak ada sisi mainan yang tajam, tidak ada tali, benang, atau kawat panjang yang lebih dari 18 cm agar anak tidak tercekik, pilihlah mainan yang kokoh sehingga tidak mudah rusak atau hancur, dan lebih baik memilih mainan edukasi anak tanpa baterai, kancing, dan benda kecil lainnya yang mudah dibongkar oleh si Kecil.


Manfaat mainan

Anda pasti tidak tahan melihat warna-warni mainan yang lucu dan menggemaskan, bukan? Rasanya ingin langsung membeli untuk dijadikan media bermain si Kecil. Eits, sebelum membelinya, Anda harus mengetahui manfaat mainan edukasi anak tersebut. Apakah mainannya memang bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil?


Apakah bisa meningkatkan kemampuan sensorik dan motoriknya? Lalu, bisakah mainan tersebut meningkatkan kreativitas dan imajinasi si Kecil? Sebenarnya sah-sah saja jika Anda ingin membeli mainan hanya sebagai teman bermain si Kecil.


Akan tetapi, bukankah lebih baik membeli sesuatu yang ada nilai manfaatnya, ? Yuk, saatnya mencari mainan edukasi anak yang bermanfaat untuk jadi teman bermain dan belajar si Kecil!


Pilih Mainan Edukasi Anak yang Berukuran Sedang dan Besar

Pastikan Anda membeli mainan edukasi anak yang ukurannya lebih besar dari mulut si Kecil untuk mencegah kemungkinan mainan akan dimakan atau tersedak. Untuk usia 0-12 bulan, sebaiknya diberikan mainan dengan lebar 3 cm dan panjang 6 cm.


Selain itu, Anda juga harus memperhatikan berat mainan yang akan dibeli. Mainan edukasi anak yang terlalu berat akan berisiko menimban si Kecil dan melukai tubuhnya. Carilah mainan yang ringan namun kokoh, ya!

Kesehatan

About Kesehatan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :